Blog Archive

Sabtu, 14 April 2012

Situs Blog Beken Kompak Percayakan WordPress


WORDPRESS

KOMPAS.com - WordPress nampaknya masih menjadi platform blog paling laris. Situs-situs blog paling populer di dunia ternyata lebih memilih WordPress sebagai platform untuk menerbitkan tulisan-tulisan ke situs mereka.

Berdasarkan survei yang dilakukan Pingdom, 49% dari 100 blog paling top di dunia menggunakan WordPress.

Dari jumlah tersebut, pengguna WordPress yang menggunakan hosting sendiri mendominasi dengan angka 40%. Sedangkan pengguna yang menggunakan hosting dari WordPress, ada 9%.

Blog populer yang menggunakan platform WordPress meliputi CNN Political Ticker, Mashable, TechCrunch, Boing Boing, ArtsBeat, Grist, Hollywood Life.

Beberapa blog untuk The New Tork Times, seperti The Opinionator, Paul Krugman dan Economix, juga menggunakan WordPress.

Menurut pendiri WordPress Matt Mullenweg, beberapa tahun terakhir ini WordPress memang serius memperbaiki fitur penggunaan dan fleksibilitas. "Hal inilah yang mengakibatkan pertumbuhan bagi WordPress," ucap Mullenweg seperti dikutip dari CNet, Kamis (12/4/2012).

Pada 2009 lalu, WordPress punya tiga kompetitor platform besar yakni TypePad, BlogSmith dan Movable Type. Namun, di tahun 2012 ini, ketiga platform itu mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Besar kemungkinan para pengguna mesin blogging itu telah bermigrasi ke WordPress.

Sementara itu, pada 2012 pemilik situs blog yang menggunakan platform buatan sendiri atau custom, jumlahnya meningkat jadi 14%, setelah pada 2009 lalu hanya ada 8%.

 Top 100 blogs and their blog platforms - comparing 2009 and 2012

0 komentar:

Posting Komentar