Blog Archive

Senin, 18 Juni 2012

Pongki Barata Pasarkan Lagu Via Email


KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHIPongki dan Sophie Navita

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kurang bergairahnya penjualan fisik berupa album CD dan kaset tak lantas membuat gitaris, vokalis, sekaligus pencipta lagu Stefanus Pongki Tri Barata atau akrab dipanggil Pongki Barata kehilangan akal. Bersama sang istri, Sophie Navita, Pongki mencoba cara kreatif dalam memasarkan single duet mereka, "I Love You", yakni dengan berjualan via email.

"Karena kemajuan teknologi musik kita semakin beragam, bisa dibuat di rumah. Saya sama Sophie bikin single duet, tidak lewat (media) CD tapi lewat (distribusi) email," kata Pongki saat berbincang dengan Kompas.com di Hard Rock Cafe, Jakarta Pusat, Jumat (15/6/2012).

"Ketika CD turun, kita sebagai musisi mencari cara gimana supaya musik tetap laku. Saya orang Yogyakarta, saya harus gigih. Industri hiburan ini industri kreatif, kalau enggak kreatif akan berhenti," ujarnya. 

Kalau pun harus mengunggahnya di internet, menurut pemain bas grup band The Dance Company (TDC) dan mantan gitaris grup musik Jikustik tersebut, tidaklah menjadi solusi yang jitu untuk menekan download ilegal. "Kami bikin sistem sendiri, kalau lewat internet pasti banyak yang download tapi enggak bayar," tekan Pongki.

Memilih promosi sekaligus memasarkan single duetnya bersama sang istri, sementara ini dianggap berhasil oleh Pongki. "Akhirnya saya sama istri promosi lewat email. Kami kasih lirik, lagu dan pesan, 'Kalau suka lagu ini dan punya pengaruh sama kehidupan silakan kasih donasi ke kami. Jadi suka atau tidak suka, mau bayar atau enggak toh lagunya sudah diterima. Dengan cara donasi ini sudah berhasil di saya," jelasnya.

Pongki pun mengaku semakin bergairah untuk terus berkarya. "Jadi nanti kalau dapat donasim saya akan membuat lagu baru, lalu dipromosikan lagi lewat email. Begitu seterusnya," tandas Pongki. 

0 komentar:

Posting Komentar