Blog Archive

Sabtu, 27 April 2013

Ditahan Bilbao, Pesta Barca Tertunda


AFP/ANDER GILLENEAPemain Barcelona, Cesc Fabregas (kanan), sementara di latar belakang para pemain Athletic Bilbao merayakan gol. Pada lanjutan Liga BBVA, Sabtu atau Minggu (28/4/2013) dini hari WIB itu, Barca dipaksa bermain seri 2-2.

BILBAO, KOMPAS.com — Barcelona dipaksa bermain imbang 2-2 oleh tuan rumah Athletic Bilbao dalam lanjutan Liga BBVA di Estadio San Mames, Sabtu atau Minggu (28/4/2013) dini hari WIB. Bacra pun masih harus menunggu lebih lama untuk merayakan gelar juara Liga BBVA.

Secara matematis, Barca sebenarnya sudah memastikan juara Liga BBVA jika menang atas Bilbao, sementara Real Madrid kalah dari Atletico Madrid. Namun, nyatanya Barca tampil kurang meyakinkan.

Di puncak klasemen, Barca kini mengantongi 85 poin. Sementara itu, Madrid di tempat kedua mengumpulkan nilai 71. Hingga berita ini diturunkan, Madrid masih bermain melawan Atletico. Kalau Madrid menang, maka Barca butuh dua kemenangan lagi untuk memastikan gelar juara.

Tanpa Lionel Messi sebagai starter, Barca dikejutkan oleh gol Markel Susaeta di menit ke-27. Gol Messi yang masuk di babak kedua dan dan satu gol Alexis Sanchez sempat membuat Blaugrana berbalik unggul. Namun, gol telat Bilbao yang dicetak Herrera akhirnya memaksa Barca bermain imbang 2-2.

Di menit awal, Bilbao tampil menyerang dan nyaris membuka keunggulan melalui Aritz Aduirz memanfaatkan crossing dari De Marcos, tetapi ia gagal menceploskan bola ke gawang Valdez. Pada menit ke-16 ganti Barca menyerang melalui tendangan Alexis Sancchez yang sayangnya masih meleset. Hal serupa terjadi saat Alexandre Song mencoba menendang dengan kaki kiri dari luar area gawang, tetapi bola masih diamankan di sudut kiri.

Bilbao mencuri gol pada menit ke-27 melalui Susaeta yang berawal dari terobosan Aduriz sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang yang segera disambar oleh Susaeta. Bilbao nyaris menambah keunggulan pada menit ke-43 melalui sundulan Aduriz memanfaatkan umpan Oscar de Marcos. Sial, bola masih melambung di atas gawang Victor Valdes. Hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Bilbao.

Di babak kedua, Barcelona mencoba mengambil inisiaitif serangan dan bisa mendapatkan peluang untuk menyamakan keduduan setelah Alexis dilanggar oleh Borja Ekiza pada menit ke-22, tetapi wasit Ignacio Iglesias memutuskan melanjutkan permainan dan tidak menghadiahkan penalti. Messi akhirnya memecah kebuntuan Barcelona di menit ke-67 dengan mencetak gol setelah melewati tiga pemain Bilbao di area penalti untuk mengirimkan bola ke gawang Iraizoz.

Tito Vilanova pun akhirnya bisa bernapas lega setelah Alexis Sanchez mencetak gol di menit ke-69. Berawal dari umpan crossing Dani Alves yang diteruskan dengan sundulan Messi, bola mendarat ke kaki Sanchez yang melepaskan tembakan dan menaklukkan Iraizoz. Menit ke-86, Messi nyaris menambah koleksi golnya dengan eksekusi tendangan bebas menyusul pelanggaran oleh Gurpegi, tetapi tendangannya hanya melebar ke sisi kiri gawang.

Kemenangan Barcelona yang sudah di depan mata buyar mendadak saat di menit ke-89 Ander Herrera mencetak gol ke gawang Victor Valdes. Hingga pertandingan berakhir, kedudukan tetap imbang 2-2 untuk kedua tim. Barcelona masih nyaman di posisi pertama klasemen dengan 85 angka sementara Bilbao tertahan di posisi 14 dengan 37 poin. (C25-12)

Susunan Pemain
Athletic (4-3-3):
1 Gorka Iraizoz; 15 Andoni Iraola, 23 Borja Ekiza, 6 Mikel San Jose, 3 Jon Aurtenetxe; 18 Carlos Gurpegi, 21 Ander Herrera, 10 Oscar De Marcos; 14 Markel Susaeta, 20 Aduriz, 19 Iker Muniain.

Barcelona (4-3-3): 1 Valdes; 2 Dani Alves, 3 Pique, 22 Abidal (21 Adriano 45), 18 Jordi Alba; 6 Xavi (10 Lionel Messi, 58), 11 Thiago, 25 Song; 9 Alexis Sanchez (8 Andres Iniesta) , 4 Francesc, 17 Pedro

 

0 komentar:

Posting Komentar