Blog Archive

Kamis, 18 April 2013

Sahin: Dortmund Tahu Cara Robohkan Madrid


AFP PHOTO / PATRIK STOLLARZ Gelandang Borussia Dortmund yang dipinjam dari Real Madrid, Nuri Sahin.

DORTMUND, KOMPAS.com - Gelandang Borussia Dortmund, Nuri Sahin, mengaku tak sabar kembali berhadapan dengan Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu (24/4/2013).

Sahin berlabuh ke Signal Iduna Park, pada Januari 2013 dengan status pemain pinjaman dari Madrid. Gelandang asal Jerman tersebut dikontrak skuad Die Borussen dengan durasi satu setengah tahun atau hingga Juli 2014.

Laga kali ini menjadi pertemuan ketiga antara Dortmund dan Madrid di Liga Champions 2012-13. Sebelumnya, mereka bertemu di penyisihan Grup D, di mana Dortmund berhasil meraih satu kemenangan 2-1 di kandang dan mampu menahan imbang 2-2 di Santiago Bernabeu.

Berikut petikan wawancara Sahin, seperti dilansir AS, terkait pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions antara Dortmund dan Madrid:

Istimewakah laga ini untuk Anda?

Tentu saja. Aku bermain di sana (Madrid) selama beberapa tahun, aku tahu beberapa pemain, pelatih, dan setiap orang di klub. Aku harap kami dapat memenangkan pertandingan ini. Aku tahu pertandingan itu sangat penting, karena mereka ingin memenangkan gelar Liga Champions ke-10. Tetapi, kami juga ingin memenangkan Liga Champions tahun ini.

Soal Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho?

Cristiano adalah pemain yang sangat berbahaya. Dia adalah pemain yang unik. Madrid mempunyai sekitar 18 atau 20 pemain dengan kualitas yang hebat. Oleh karena itu, kami tidak harus hanya mengkhawatirkan Cristiano. Aku mempunyai hubungan baik dengan Mourinho. Dia adalah seorang pria sejati dan sangat baik ketika diriku berada di sana (Madrid).

Apakah Dortmund punya resep khusus untuk mengalahkan Madrid lagi?

Klub ini mengalahkan Madrid di babak penyisihan dan meraih hasil imbang di Bernabey. Aku tidak berpikir tim ini membutuhkan informasi khusus  dariku ataupun juga dari Jurgen Klopp (pelatih Dortmund).

Bagaimana Anda melihat Mourinho dan Juergen Klopp?

Mereka berdua adalah pelatih yang hebat dan sangat tulus kepada para pemain, itulah hal yang fundamental. Hal itu bagus bagi pemain agar bisa bertanding dengan 100 persen. Klopp adalah sosok yang luar biasa. Anda dapat tertawa dengannya di luar lapangan, tetapi, ketika berada dalam lapangan, Klopp menginginkan 100 persen dari kemampuan Anda.

Aku datang ke klub ini pada 2008 ketika masih dalam keadaan normal dan sekarang kami berada di semifinal Liga Champions, memberikan jumpa pers di Spanyol, Jerman, dan Inggris. Mereka banyak membicarakan klub ini.

Apa kunci keberhasilan Dortmund mengalahkan Madrid?

Kami sudah tahu bagaimana melakukannya. Dortmund mendapat empat poin dari Madrid dalam dua pertandingan. Cristiano adalah pemain yang spesial. Jika ada cara untuk menghentikannya, kami akan fokus penuh untuk melakukan hal itu. Dia dapat mengalahkan Anda dengan satu gerakan. Kami harus sangat berkonsentrasi (mengawalnya). Jika ada satu pemain yang dapat mengatasinya, maka dia adalah Lukasz Piszcek. Tetapi, bukan hanya dia saja, kami harus tetap bekerja sama sebagai tim.

Soal dua wakil Jerman bertemu dengan dua wakil Spanyol di semifinal?

Ini adalah situasi yang luar biasa bagi kami. Sepak bola Spanyol adalah nomor satu di dunia. Tetapi, setelah itu (dua wakil Jerman di semifinal), aku berpikir Bundesliga dan tim nasional Jerman. Ini adalah situasi yang ideal bagi kami. Jika dua tim Jerman berada di final, maka baru kami dapat berbicara di level internasional. Siapa tahu itu akan terjadi nanti. Sekarang, kami sedang menuju ke sana.

0 komentar:

Posting Komentar