Blog Archive

Selasa, 14 Mei 2013

Nugie: Sirip Hiu Bukan Obat Kuat dan Kecantikan!


KOMPAS.com/IRFAN MAULLANANugie

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada yang mengatakan, sirip ikan hiu bisa menjadi obat kuat bagi pria dan memelihara kecantikan wanita. Namun, bagi Nugie, vokalis dan pecinta lagu, yang peduli lingkungan hidup, itu hanyalah mitos.

"Makan sirip itu kan cuma prestige, gaya-gayaan. Pengonsumsinya gue tanya, 'Apa fungsinya sirip hiu?' ternyata enggak ada. Awet muda itu mitos. Enggak usah macam-macam pikir (bahwa) sirip bisa jaga kesehatan, kecantikan," tekan Nugie di sela kampanye SOShark, di Jakarta, Jumat lalu (10/5/2013).

Untuk memupuskan kepercayaan orang akan mitos tersebut, yang terpenting menurut Nugie adalah mengampanyekan stop menyantap makanan berbahan sirip hiu dan memburu hiu. Ia melakukan itu sebagai manusia yang membutuhkan keseimbangan alam, termasuk di laut.

"Kalau sampai ke dalam laut dan lihat mereka (hiu) berperan penting, kita akan sadar, tanpa ada peraturan dan hukuman," jelas Nugie. "Konsumsi (sirip hiu) enggak perlu lagi lah, enggak masuk akal sirip dianalogikan sebagai obat kuat, obat kecantikan. Ada cara-cara alami. Menjaga badan itu harus dengan olah raga dan jaga kesehatan," lanjutnya.

Kampanye stop menyantap makanan berbahan sirip hiu dan memburu hiu, tekan Nugie lagi, perlu benar-benar ditegakkan sebelum binatang tersebut punah.

"Secara statistik, saya tidak mengikuti. Tapi, kalau lihat tayangan dokumenter, ada 150 jenis hiu menurun tajam populasinya. Ini sudah gila-gilaan. Makhluk ini tidak semestinya dikonsumsi karena enggak bisa diternakkan, harus alami. Kalau lihat orang makan hiu, gue geram banget kali," ujar Nugie.

0 komentar:

Posting Komentar